Cara Mencuci dan Merawat Mukena Katun Jepang Yang Benar

Saturday, June 6th 2015.

Cara / Tips Mencuci dan Merawat Mukena yang Benar – Mukena adalah Perlengkapan sholat bagi umat muslim yang berupa Busana wanita yang biasa digunakan ketika sholat, rata-rata busana wanita / mukena ini berwarna putih polos namun seiring perkembangan zaman sekarang ini banyak modifikasi motif atau warna mukena itu sendiri mulai dari mukena berwarna oranye, hijau, biru, cokelat dsb untuk motif dan jenis dan bahan pun beragam, jika dilihat dari segi bahannya mukena terdapat 5 jenis, yaitu mukena berbahan katun, berbahan parasut. Berbahan BSY, Abutai, Platt, dan Mukena Berbahan Sutra.

 

Mukena Berbahan Katun

Mukena berbahan katun adalah mukena yang terbuat dari bahan serat alami yaitu kapas, mukena yang terbuat dari bahan ini sangat nyaman dan adem ketika dipakai, namun untuk menyetrika nya kita membutuhkan suhu atau panas yang lebih tinggi temperaturnya. Bahan ini memiliki berbagai jenis dan kualitas, seperti mukena kain katun,  mukena katun jepang, mukena katun twill, mukena katun platt, mukena katun plat berbordir atau mukena katun batik, mukena katun bordir, mukena katun halus, mukena katun jepang, mukena katun motif, mukena katun jepang zahra, mukena katun sutra, mukena katun modif bunga, mukena katun lukis, sedangkan untuk modif dan jenis mukena katun jepang sendiri beragam antara lain mukena katun jepang amira, mukena katun jepang anaqu, mukena katun jepang bordir, mukena katun jepang di surabaya,  mukena katun jepang di tanah abang, mukena katun jepang giggles, mukena korea, mukena katun jepang grosir, mukena katun jepang online, mukena katun jepang polkadot, mukena katun jepang zahra, mukena katun terbaru, mukena katun jepang ini terlihat mewah sehingga tidak heran banyak yang menggunakan mukena ini sebagai mahar dan mukena untuk jenis ini sudah banyak beredar di daerah – daerah seperti surabaya, jakarta, bandung, jawa timur, jawa tengah, jogja, pandaan, pasuruan, malang, mojokerto, dan kota – kota lainnya, terutama tanah abang sangat laris akan jenis mukena ini.
Contoh Mukena Katun Jepang bisa anda lihat disini

 

Bahan B.S.Y

BSY (Bi Shrinkage Yam) Mukena yang terbuat dari bahan ini terdiri dari dua jenis poliester filamen yang memiliki tingkat kekusutan berbeda beda sehingga dalam finisingnya ketika bahan basah pada suhu tinggi tenunan akan cepat menyusut berbeda, seingga mengakibatkan bahan lembut terasa berdaging, apa saja produk yang menggunakan kain ini contohnya bahan batik non katun dan batik non sutra, diatas saya jelaskan tentang poliester filamen, apa sebenarnya poliester filamen itu, poliester filamen adalah benang poliester dengan filamen tunggal, benang mono memiliki variasi sebagai semi dull. Benang mono filamen ini umunya digunakan untuk mesh filter dan aneka guna lainnya.

Abutai

Abutai termasuk jenis bahan kain mukena yang ringan dan tipis, mirip seperti bahan parasit namun berbeda dari jenis bahannya, abutai sekarang ini sering dipakai untuk mukena travelling, karena jenis dan bahan kain yang sangat tipis dan ringan sehingga mempermudah untuk dikemas atau dimasukkan ke dalam tas kecil.

Platt

Plat ini merupakan tipe anyaman yang digunakan untuk atasan baju koko atau kemeja pria, anyaman ini menyerupai anyaman ketupat yang saling tindih menindih diantara satu dengan lainnya.

Spandex

Spandex, selain mukena berbahan katun dan berbahan sutra, mukena jenis spandex ini juga sangat terkenal, nama lain dari mukena ini adalah jenis Lycra, yang memiliki sifat elastisitas yang tinggi, kuat dan memiliki ketahan yang tinggi terhadapat gosokan, mukena berbahan spande adalah jenis serat sistetis yang memiliki elastisitas yang sangat baik, contoh penggunaan untuk jenis kain ini antara lain terdapat pada pakaian atau baju senam, renang, jeans, stretch, dan kerudung dan busana muslim lainnya.

Sutra

Mukena berbahan sutra / sutra merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil, banyak berbagai macam jenis sutra yang dijadikan kain / tekstil, yang paling umum adalah sutra kepompong yang dihasilkan dari larva ulat sutra murbei (bombyx mori) yang sengaja diternak, sedangkan peternakan ulat ini disebut sebagai serikultur, sutra mempunyai struktur yang sangat mulus, lembut dan tidak licin, bentuk yang berkilauan menajdikan daya tarik sutra yang berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membuat kain sutra semaikn cantik, dan membiaskan cahaya dari berbagai sudut.

Sutra Liar

Selain kain berbahan sutra kepompong juga terdapat kain sutra jenis liar, sutra liar, dihasilkan oleh ulat yang selain ulat murbei dan ulat sutra ini bisa diolah, berbagai sutra liar dikenali dan digunakan di negara eropa, cina, asia selatan sejak dari jaman dahulu tapi skala produksi nya jauh lebih kecil dibanding sutra ternakan. Sutra ini jauh berbeda dari segi warna dan tekstur, serta kepompong liar yang ketika dikumpulkan biasa nya sudah rusak ngengat yang keluar sebelum  kepompong diambil. Sehingga benang sutra yang membentuk kepompong sudah rusak dan terputus otomatis ukurannya menjadi pendek,

Ulat sutra ternakan dicelupkan di dalam air yang sangat menddih sebelum keluar ngengat dewasa, atau bisa juga dengan ditusuk tusuk dengan jarum, sehingga seluruh kepompong dapat diurai menjadi sehelai benang yang tak terputus, hal ini bisa membuat kain akan menjadi lebih kuat, sutra liar lebih sulit untuk dicelupkan daripada sutra ternakan atau sutra kepompong murbei.

 

Sebenarnya dalam ajaran islam tidak ada aturan wajib tentang busana untuk beribadah, terutama mukena / rukuh atau apa yang layaknya busana digunakan untuk sholat, yang ada hanya sebuah busana wanita yang digunakan untuk sholat itu hendaknya menutupi aurat yang bersih dan bebas noda atau kotoran. Mukena ini budaya khas produk dari Indonesia. Terutama pulau jawa dulu di jawa pada umumnya wanita memakai kain panjang seperti jarik tanpa dijahit dan kemben yang dililitkan dan memperlihatkan dada bagian atas hingga kepala, konon mukena ini merupakan hasil adaptasi yang dilakukan oleh para wali zaman dahulu terutama wali songo.  Untuk menyesuaikan cara berbusana islam, maka dibuatlah mukena yang sederhana, namun bisa menutupi bagian wajah dan telapak tangan. Selain di Indonesia pengguna mukena bisa juga di temui di filipina dan Malaysia, sehingga bisa dikatakan jika mukena ini pakaian atau busana khas umat islam Melayu, di Malaysia sendiri istilah yang digunakan untuk mukena sendiri adalah telekung.

 

Jenis – Jenis Mukena antara lain :

Secara Umum mukena terbagi menjadi tiga jenis (3) yakni :

One Piece (terusan)
Abaya dan
Two Piece

Seiring dengan berkembanganya zaman, serta kemajuan dalam bidang tekstil maka model, corak serta warna dari mukena pun mengalami perubahan secara terus menerus dari waktu ke waktu terutama ketika menginjak bulan Ramadhan (puasa) dan lebaran (idul fitri)

Berbagai ragam motif mukena yang dijual di pasaran, harga atau busana untuk sholat ini tidak heran jika menandingi busana muslim pada umumnya, oleh sebab itu mukena sebaiknya dirawat agar lebih tahan lama dan awet serta warna yang tetap cantik dan indah.

Berikut ini tips merawat dan mencuci mukena :

  1. Bagian Kepala Mukena
    Pada bagian ini cenderung lembab karena terkena basaan air bekas wudhu, untuk mengatasi hal ini sebaiknya gunakan gantungan khusus atau hanger setelah mukena diguankan hal ini untuk mencegah mukena terkena angin agar tetap kering dan juga bisa mencegah jamur.
  2. Hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci mukena
    Hindari mencuci mukena dengan menggunakan mesin cuci hal ini disebabkan agar tetap terjaga kualitas dari mukena tersebut, kita cukup merendam kan mukena ke dalam air hangat yang sudah kita campurkan dengan detergen, mencampur air dengan detergen juga bisa kita manfaatkan ketika busana muslim kita, busana muslim anak, pakaian anak, baju anak, atau mukena kid dan pakaian kita yang  lain terkena noda atau luntur, kita bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan warna luntur nya, khusus untuk mukena bermotif dan berenda atau batik, hindari penggunaan pemutih agar warna motif mukena tetap terlihat cantik dan indah serta mengkilat.
  1. Jangan Jemur Mukena di Bawah Sinar Matahari
    Setelah mencuci mukena sebaiknya jangan taruh mukena di bawah sinar matahari hal ini untuk mencegah atau menghindari memudarnya mukena dan motif yang terdapat pada mukena.
  1. Jangan Di Remas
    Untuk mukena yang memiliki bordir dan payet, hindari emmeras mukena setelah proses pencucian , mukena bisa langsung kita angin – anginkan dan kita jemur.
  1. Setrika Mukena dengan Suhu Sedang
    Setelah kering, kita bisa menyetrika mukena kesayangan kita agar kuman yang ada mati dan tentunya bisa membuah mukena kita rapi sebelum kita masukkan ke dalam almari, namun untuk menyetrika mukena sebaiknya gunakan suhu yang sedang tidak terlalu panas, hal ini juga tergantung pada jenis kain yang terdapat pada mukena kita, selain itu dengan menyetrika mukena dengan suhu sedang mencegah agar mukena tidak mudah rapuh dan lebih awet.
  1. Simpan di Tempat yang Kering
    Setelah semua proses diatas selesai, maka kita bisa menyimpannya di tempat yang kering dan melipatnya dengan posisi yang rapi.

Diatas Merupakan Penjelasan mulai dari sejarah, bahan, jenis dan bagaimana cara merawat mukena yang baik, artikel ini di ambil dari berbagai sumber tentang mukena dan di harapkan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, jika anda tertarik akan produk kita bisa klik menu home untuk melihat berbagai koleksi busana muslim kita, dari mukena hingga busana muslim anak (kids) kita juga melayani pembuatan buku yasin, pusat oleh – oleh haji surabaya, dan berbagai jenis percetakan buku yasin dan tahlil beserta foto, untuk informasi lebih lengkap anda bisa menghubungi kami via BBM, WA / SMS untuk mendapatkan potongan harga / diskon

 

Salam,

Tokobily

Incoming search terms:

  • cara mencuci dan menyetrika mukena katun

Produk terbaru

Rp 88.000 120.000
Order Sekarang » SMS : 089628801290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeGM AC 165
Nama BarangSupplier Gamis Syari Tangan Pertama
Harga Rp 88.000 120.000
Anda HematRp 32.000 (26.67%)
Lihat Detail
Rp 60.000 80.000
Order Sekarang » SMS : 089628801290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeLM AC 99
Nama BarangSupplier Gamis Murah
Harga Rp 60.000 80.000
Anda HematRp 20.000 (25.00%)
Lihat Detail
Rp 120.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 089628801290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeGM BA 99
Nama BarangAneka Busana Muslim Modern / Grosir Gamis Jersey Modern Terbaru / Grosir Baju Gamis
Harga Rp 120.000 150.000
Anda HematRp 30.000 (20.00%)
Lihat Detail
Rp 120.000 150.000
Order Sekarang » SMS : 089628801290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeGM BA 45
Nama BarangGrosir Baju Muslim Wanita / Grosir Gamis Jersey / Busana Muslim Wanita / Pusat Gamis Jersey Murah
Harga Rp 120.000 150.000
Anda HematRp 30.000 (20.00%)
Lihat Detail
Rp 152.000 160.000
Order Sekarang » SMS : 089628801290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeGM 1202
Nama BarangBaju Muslim Rahnem GM 1202
Harga Rp 152.000 160.000
Anda HematRp 8.000 (5.00%)
Lihat Detail
Rp 152.000 160.000
Order Sekarang » SMS : 089628801290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeGM 1201
Nama BarangBusana Muslim Trendy Murah Terbaru 2016
Harga Rp 152.000 160.000
Anda HematRp 8.000 (5.00%)
Lihat Detail
Rp 152.000 160.000
Order Sekarang » SMS : 089628801290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeGM 1105
Nama BarangBaju Muslim Pesta Modis Terbaru 2016 Murah
Harga Rp 152.000 160.000
Anda HematRp 8.000 (5.00%)
Lihat Detail

Rekening Bank

By Request

Pengiriman

Hubungi Kami

089628801290
5407E7CA
089628801290
tokobily@gmail.com